Assalamu alaikum teman teman....
saya akan sharing pembelajaran semester 1 selama masa kuliah nih...
jangan lupa kunjungi yaa...
Microsoft excel
saya akan sharing pembelajaran semester 1 selama masa kuliah nih...
jangan lupa kunjungi yaa...
Microsoft excel
Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar
kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation
untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Software ini dikenal juga
sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel
saja.
Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program
aplikasi excel ini, komputer yang anda gunakan harus sudah terinstal sistem
operasi (operating sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.
Mempelajari
ms excel
Aplikasi ms excel
menyediakan berbagai rumus yang bisa Anda gunakan baik dalam perhitungan
sederhana maupun perhitungan yang lebih rumit. Hal-hal seperti pengaturan kas,
perhitungan nilai rapot, hingga perhitungan hasil kuesioner dari berbagai
internet form bisa dilakukan oleh Excel. Terlepas dari fungsinya yang lengkap,
ada beberapa orang yang masih belum memahami dan mengerti rumus-rumus dasar yang
dapat digunakan dalam mengoperasikan Excel.
Apa saja rumus-rumus
dasar yang ada dalam Microsoft Excel?
1.
SUM
Rumus Sum digunakan untuk melakukan penambahan data yang bersifat angka.
Cara ini efektif apabila data yang ingin dijumlahkan merupakan data dengan
jumlah yang banyak. Cara menulisnya adalah:
=SUM(Sel awal:Sel akhir) Sel Awal
= Sel pertama yang ingin dilakukan perhitungan. Sel Akhir = Sel terakhir yang
ingin dilakukan perhitungan. Dalam Excel tidak mengenal rumus pengurangan,
namun Anda bisa menggunakan tanda operasi minus (-).
Missal:
2. AVERAGE
Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai
rata – rata suatu variabel.
Pertama, buatlah suatu tabel
untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk
mengetahui nilai rata – rata siswa. Misal : =AVERAGE(D2:F2)
Kedua, jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut
kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya.
3. AND
Rumus AND ini terdapat fungsi yang utama adalah Menghasilkan nilai TRUE
jika semua argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE jika semua
atau salah satu argumen bernilai SALAH.
Pertama, buatlah tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau
FALSE. Misal : =AND(D2>G2)
Kedua,
jika rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan
diketahui hasilnya TRUE atau FALSE
4.
MIN DAN MAX
Fungsi MIN digunakan untuk menghitung nilai minimum
Fungsi MAX untuk menghitung nilai maksimum
6. IF TUNGGAL
Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek
BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek
SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering
digunakan.
7. IF GANDA (BERTUMPUK)
hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau
bisa ditumpuk beberapa perintah.
8.
VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun
dalam format tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris
pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…
atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan
dengan menu Ascending.
Contoh kasusnya sebagai berikut :
Contoh kasusnya sebagai berikut :
Fungsi HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam
format mendatar. syaratnya penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus
berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik.
Contoh kasusnya seperti dibawah
ini.
rumus hlookup
Fungsi left pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai
dari kiri di dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan.
Sintaksnya adalah LEFT(teks, [num_chars]) dimana :
- · Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak
- · Num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil dari kiri (nilainya lebih besar dari 0, apabila tidak diisi maka akan dianggap karakter pertama atau bernilai 1.
Contoh Penggunaan Fungsi
left
11.
MID
Fungsi mid pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter tertentu
dari string teks atau di tengah string teks dimulai dari dan panjang karakter
yang ditentukan.
Sintaksnya
adalah MID(text, start_num, num_chars) dimana :
·
Teks merupakan string yang akan diambil atau
diekstrak.
·
start_num merupakan tempat dimulainya
pengambilan karakter atau string.
·
num_chars adalah jumlah karakter yang akan
dikembalikan.
Contoh Penggunaan Fungsi Mid
12. RIGHT
Fungsi right pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter
dimulai dari kanan dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang
ditentukan.
Sintaksnya adalah RIGHT(text,[num_chars]) dimana :
·
Teks merupakan string yang akan diambil atau
diekstrak.
·
Num_chars
adalah jumlah karakter yang akan diambil dari kanan (nilainya lebih
besar dari 0, apabila tidak diisi maka akan dianggap karakter pertama dari
kanan atau bernilai 1.
referensi:
https://ainiafrina.blogspot.com/2019/12/kumpulan-rumus-pada-excel-sebelum.html?m=1
https://tugaskelasamalia.blogspot.com/2019/12/rumus-rumus-dalam-microsoft-excel-by.html?m=1
https://amiroh26.blogspot.com/2019/12/sejarah-singkat-microsoft-excel-dan.html?m=1
https://fanymardatilla.blogspot.com/2019/12/fungsi-fungsidalam-ms.html?m=1
https://cwethel.blogspot.com/
https://dipojorgensen.blogspot.com/?m=1
http://i-tutor.epizy.com/
http://sfnotification.home.blog/2019/12/19/cara-menggunakan-sumaveragemaxmin-dan-count-di-microsoft/
https://stuswatunkhasanah20.blogspot.com/2019/12/belajar-rumus-microsoft-excel.html
https://buncit420.blogspot.com/?m=1
https://yulystya.home.blog/2019/12/18/rumus-dasar-microsoft-excel-dan-contohnya/
https://cinacilegon.blogspot.com/
https://studyexcelluqyit.blogspot.com/?m=1
baiklah temen temen kita akhiri sampai disini ya....
see you........ semoga bermanfaat
Good job
BalasHapusGood job anisssaaaaaa
BalasHapusgood nisa
BalasHapusuwow
BalasHapusBaguuus..
BalasHapusGood Nis
makasih artikel nya membantu
BalasHapus