Belajar split, freeze panes dan pivot table pada microsoft excel

1.split

Perintah Split adalah perintah yang digunakan untuk membagi halaman kerja Excel menjadi 4 panel, setiap panel merupakan duplikasi tampilan sheet yang diaktifkan. Perintah ini memungkinkan kita untuk melihat data dari empat area yang berbeda dan berjauhan. Hal ini sangat membantu saat melakukan analisis dengan banyak data. Perintah ini tidak bekerja apabila sheet yang aktif menggunakan perintah freeze

Split windows pada excel digunakan untuk membagi workbook menjadi 2 sampai 4 bagian, yang mana saat salah satu area tersebut digeser maka area lain tidak akan ikut bergeser.

caranya sebagai berikut:
1.siapkan data yang ingin di pecahkan menjadi 2 atau 4 bagian
   

2.lalu cari tombol split biasa nya berada pada view 

3.lalu tekan tombol split.dan data pun sudah terbagi 
Lanjut guyss......

2.freeze panes

Freeze Panes adalah salahsatu fitur di Microsoft Excel dan program Spreadsheet yang lainnya. Freeze Panes berfungsi untuk membekukan atau membiarkan rows atau columns yang sudah kita set agar tetap terlihat di layar walaupun kursor digulirkan ke baris atau kolom berikutnya. Ini sangat berfungsi jika anda memiliki dokumen dengan jumlah baris atau kolom yang sangat banyak dengan header yang sama. Dengan Freeze Panes header tetap terlihat di layar dan memudahkan menavigasi dalam mengisi dokumen.
 Langkah langkah dalam membuat freeze panes
Yaitu sebagai berikut:
  1. Buka tab “View”
  2. Perhatikan tiga pilihan yang ada, “Freeze Panes” berfungsi untuk membiarkan sel pada Rows dan Columns sebelum sel yang di-tik tetap terlihat. “Freeze top rows” berfungsi untuk membiarkan baris paling atas tetap terlihat di layar sampai kemanapun scroll digulirkan. “Freeze first Columns” berfungsi untuk membiarkan kolom pertama tetap tampil di layar meski scroll digulirkan kemanapun ke samping kanan.
  3. silakan buka file Excel yang telah dibuat sebelumnya. Perhatikan sheet sebelum di freeze seperti gambar dibawah.

  4.Tentukan cell mana yang Anda freeze.misalnya         saya freeze panes a4. Maka otomatis no 1 jika di freeze akan ke atas.
5. Kemudian, klik tab VIEW pada ribbon menu. Pilih Freeze Panes > Freeze Panes.

6. Maka hasilnya ketika Anda scroll secara vertikal maka baris pertama akan tetap terlihat. Begitu juga ketika di scroll secara horizontal, kolom A dan B akan tetap terlihat.

Lanjut guys.....

3.pivot table

Pivot Table adalah sebuah tabel interaktif yang dalam waktu singkat bisa menampilkan ringkasan data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berbeda serta mampu melakukan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan dengan menggunakan cara perhitungan sesuai kebutuhan.

Jika anda memiliki data yang terdiri dari banyak kolom atau field, tentunya dari data tersebut perlu bisa di baca untuk dapat diartikan atau disimpulkan maknanya.

Namun demikian dengan adanya ratusan, ribuan, atau bahkan ratusan ribu baris data tentunya akan sulit bila anda harus menyimpulkan kecenderungan apa yang terjadi pada data anda, membandingkan antar field atau kolom satu dengan yang lainnya, perulangan data, hubungan perulangan data pada suatu periode, dan lain sebagianya.


Untuk melakukan analisa pada data tersebut diperlukan langkah-langkah pengelompokan, pengurutan serta pengolahan data sesuai dengan kebutuhan.
  
Adapun langkah langkah dalam membuat pivot table sebagai berikut:

1.Dari menu insert sobat pilih PivotTable pada kelompok table (disitu terdapat dua pilihan yaitu pivot table dan pivot chart), sobat pilih saja pada pivot table 

2.kemudian akan muncul form create pivot table.


  • Pada select a table or range sobat silahkan blok data yang akan dilakukan pivot table Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada choose where you want the PivotTable report to be place.  Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
    1. New worksheet apabila sobat ingin menempatkan hasil pivot table pada worksheet baru yang masih kosong .
    2. Existing worksheet apabila sobat ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data yang akan di Pivot Table dengan memilih sel yang akan di tuju.
3.setelah itu tekan ok . Maka otomatis tampilan seperti di bawah ini:

Sekian dari saya kurang lebih nya mohon maaf semoga bermanfaat teman teman




Komentar

Posting Komentar