Assalamu alaikum teman teman....
saya akan sharing pembelajaran semester 1 selama masa kuliah nih...
jangan lupa kunjungi yaa...



 Microsoft excel
Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja.
Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program aplikasi excel ini, komputer yang anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.
Mempelajari ms excel
Aplikasi ms excel  menyediakan berbagai rumus yang bisa Anda gunakan baik dalam perhitungan sederhana maupun perhitungan yang lebih rumit. Hal-hal seperti pengaturan kas, perhitungan nilai rapot, hingga perhitungan hasil kuesioner dari berbagai internet form bisa dilakukan oleh Excel. Terlepas dari fungsinya yang lengkap, ada beberapa orang yang masih belum memahami dan mengerti rumus-rumus dasar yang dapat digunakan dalam mengoperasikan Excel.
 Apa saja rumus-rumus dasar yang ada dalam Microsoft Excel?
1.       SUM
Rumus Sum digunakan untuk melakukan penambahan data yang bersifat angka. Cara ini efektif apabila data yang ingin dijumlahkan merupakan data dengan jumlah yang banyak. Cara menulisnya adalah:
 =SUM(Sel awal:Sel akhir) Sel Awal = Sel pertama yang ingin dilakukan perhitungan. Sel Akhir = Sel terakhir yang ingin dilakukan perhitungan. Dalam Excel tidak mengenal rumus pengurangan, namun Anda bisa menggunakan tanda operasi minus (-).
Missal:












2.       AVERAGE
Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel.

    Pertama, buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. Misal : =AVERAGE(D2:F2)
Kedua, jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya.








3.       AND
Rumus AND ini terdapat fungsi yang utama adalah Menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH.
Pertama, buatlah tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misal : =AND(D2>G2)
       Kedua, jika rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya TRUE atau FALSE

4.       MIN DAN MAX
Fungsi MIN digunakan untuk menghitung nilai minimum
Fungsi MAX untuk menghitung nilai maksimum
























5.       COUNT
count berfungsi untuk menghitung banyaknya data










6.       IF TUNGGAL
Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan.







7.       IF GANDA (BERTUMPUK)
hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah.

8.       VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4… atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending.
 Contoh kasusnya sebagai berikut :




9.       HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syaratnya penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik.
 Contoh kasusnya seperti dibawah ini.
rumus hlookup













10.    LEFT
Fungsi left pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai dari kiri di dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan.

Sintaksnya adalah LEFT(teks, [num_chars]) dimana :
  • ·         Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak
  • ·         Num_chars  adalah jumlah karakter yang akan diambil dari kiri (nilainya lebih besar dari 0, apabila tidak diisi maka akan dianggap karakter pertama atau bernilai 1.
Contoh Penggunaan Fungsi left







11.   MID
Fungsi mid pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter tertentu dari string teks atau di tengah string teks dimulai dari dan panjang karakter yang ditentukan.
Sintaksnya adalah MID(text, start_num, num_chars) dimana :
·         Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak.
·         start_num merupakan tempat dimulainya pengambilan karakter atau string.
·         num_chars adalah jumlah karakter yang akan dikembalikan.


Contoh Penggunaan Fungsi Mid



12.   RIGHT

Fungsi right pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai dari kanan dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan.

Sintaksnya adalah RIGHT(text,[num_chars]) dimana :

·         Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak.
·         Num_chars  adalah jumlah karakter yang akan diambil dari kanan (nilainya lebih besar dari 0, apabila tidak diisi maka akan dianggap karakter pertama dari kanan atau bernilai 1.


Contoh Penggunaan Fungsi Right



referensi:

https://ainiafrina.blogspot.com/2019/12/kumpulan-rumus-pada-excel-sebelum.html?m=1
https://tugaskelasamalia.blogspot.com/2019/12/rumus-rumus-dalam-microsoft-excel-by.html?m=1
https://amiroh26.blogspot.com/2019/12/sejarah-singkat-microsoft-excel-dan.html?m=1
https://fanymardatilla.blogspot.com/2019/12/fungsi-fungsidalam-ms.html?m=1
https://cwethel.blogspot.com/
https://dipojorgensen.blogspot.com/?m=1
http://i-tutor.epizy.com/
http://sfnotification.home.blog/2019/12/19/cara-menggunakan-sumaveragemaxmin-dan-count-di-microsoft/
https://stuswatunkhasanah20.blogspot.com/2019/12/belajar-rumus-microsoft-excel.html
https://buncit420.blogspot.com/?m=1
https://yulystya.home.blog/2019/12/18/rumus-dasar-microsoft-excel-dan-contohnya/
https://cinacilegon.blogspot.com/
https://studyexcelluqyit.blogspot.com/?m=1






baiklah temen temen kita akhiri sampai disini ya....
see you........ semoga bermanfaat

Komentar

Posting Komentar